Senin, April 27, 2009

RETAK PUN BISA CANTIK



CAT retak pada dinding biasanya dianggap mengganggu pemandangan. Apalagi jika retaknya tidak beraturan. Namun tampilan retak pada benda-benda tertentu malah bisa terlihat cantik.

Kali ini Tabloid RUMAH akan menyajikan cara mengaplikasikan cat dengan efek retak (crack). Sebagai contoh, efek ini kami aplikasikan pada pigura.

Cat efek retak bisa diaplikasikan pada kayu atau gerabah, tergantung keinginan Anda. Cara pengolesan yang berbeda akan menghasilkan efek retak yang berbeda-beda pula. Jika Anda mengoleskan cat dengan cara menutulkannya, misalnya, maka efek yang dihasilkan adalah retak seperti gelas pecah. Namun jika Anda mengoleskan cat dengan cara ''menarik''-nya, maka efek yang dihasilkan adalah retak seperti serat bambu. Untuk lebih jelasnya, silakan baca langkah-langkah berikut ini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
- kuas
- amplas no. 180
- pigura
- cat dasar
- cat retak
- tiner (jika perlu)
- pasta pewarna
- cat pelapis









1) Bersihkan permukaan pigura dari debu, minyak, dan kotoran lain dengan menggunakan amplas. Untuk kayu berpori-pori besar, setelah pengamplasan, lapisi dengan dempul kayu. Gunakan kape untuk permukaan yang halus/rata, dan kuas serta lap untuk permukaan berprofil (ada lekukan-lekukan).

2) Cat dasar (basecoat) hanya tersedia dalam warna putih. Oleh karena itu, disini kami menggunakan pasta pewarna untuk menambah keindahan. Penambahan pasta warna ini maksimal 10%. Perbedaan konsentrasi pasta pewarna akan menghasilkan warna yang berbeda.

3) Aplikasikan cat dasar menggunakan kuas untuk bidang kecil atau sprayer untuk bidang yang lebih besar. Penggunaan sprayer akan menghasilkan permukaan cat yang lebih halus dan rata. Tunggu sampai kering, kira-kira selama 60 menit.











4) Untuk mendapatkan efek retak, tersedia sejenis cat yang menghasilkan efek retak. Cat ini hanya tersedia dalam warna putih. Jika Anda menginginkan efek retak berwarna, tambahkan pasta pewarna. Penambahan pasta pewarna maksimal 10% saja.

5) Efek retak yang dihasilkan akan tergantung dari tebal-tipisnya aplikasi cat dan alat serta cara aplikasinya. Aplikasi yang tebal akan menghasilkan retakan yang lebih besar. Aplikasikan cat retak ini dengan cara ditutul atau dikuaskan seperti biasa. Tunggu hingga kering sekitar 60 menit.














6) Terakhir adalah proses pelapisan akhir (coating) yang berfungsi me lindungi lapisan cat secara keseluruhan serta memberikan kesan kilap (glossy) atau matt. Aplikasikan dengan kuas untuk bidang kecil atau sprayer untuk bidang yang lebih besar. Akhirnya pigura Anda siap digunakan.

Kami menggunakan
- Cat dasar (Impra Cracking Base ICB-43O).
- Cat retak (lmpna Crakcing Middle lCM-435)
- Pasta pewarna (lmpra Cracking Pasta lCP-231)
- Cat pelapis (Ultran Aqua Lacquer AL-950)

Download pdf-nya
Diambil dari Majalah RUMAH
Buku Seri 'Andapun Bisa'
Penerbit PT Prima Infosarana Media

2 komentar:

  1. Kalo impra cracking middle di gunakan untuk membuat retak seribu dengan pewarna woodsain bisa gak ?
    Dan bagaimana cara meng aplikasikan nya..

    BalasHapus